Penerapan Web Service Untuk Meningkatkan Performa Kecepatan Data Pada Sistem Tes Potensi Akademik

Adiat Pariddudin - [ https://orcid.org/0000-0003-3333-3744 ]
Ichwanul Fadhli

Abstract

Setiap tahunnya perguruan tinggi di Indonesia menerima calon mahasiswa baru, salah satunya adalah Universitas Binaniaga Indonesia. Sebelum dinyatakan sebagai mahasiswa baru, calon mahasiswa baru harus melaksanakan tes yang disebut dengan tes potensi akademik. Tes potensi akademik adalah bentuk evaluasi terhadap kemampuan seseorang yang dibuat untuk memperkirakan peluang kesuksesan untuk belajar di perguruan tinggi. Untuk mempermudah jalannya tes potensi akademik, kegiatan tersebut dapat dikomputerisasikan. Kenyamanan dan waktu respon sistem yang optimal merupakan faktor penting supaya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, namun belum dapat ditempuh dengan sistem yang sebelumnya sudah digunakan oleh pihak perguruan tinggi. Karenanya, diperlukan sebuah sistem dengan performa yang baik untuk digunakan oleh pihak perguruan tinggi dalam melaksanakan tes potensi akademik. Sistem yang dimaksud adalah sebuah sistem berbasis website dengan menerapkan web service. Web service merupakan perangkat lunak yang dibangun untuk mendukung interaksi antar sistem dalam jaringan komputer dengan menyediakan layanan berbentuk informasi yang menggunakan format standar seperti HTTP, XML, SOAP dan JSON. Penelitian ini menerapkan JSON sebagai format untuk pertukaran informasi pada web service. Hasil dari pengukuran rata-rata kecepatan waktu respon sistem sebelum diterapkan web service adalah selama 7,2 Detik, sedangkan untuk sistem yang menerapkan web service mendapatkan waktu selama 1,38 Detik.

Keywords

Tes Potensi Akademik; Waktu Respon; Performa; Web Service; JSON

References

Arikunto, S. 2010a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, Indonesia.

Arikunto, S., Jabar, C., S., A. 2010b. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta, Indonesia.

Azwar, S. (2008). KUALITAS TES POTENSI AKADEMIK VERSI 07A, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2 Tahun XII, Universitas Negeri Yogyakarta, hal 231-250.

Cohen, L., Manion, L., Morrison, K. 2007. Research Methods In Education Sixth Edition, Routledge, New York, USA.

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial), Jurnal at-Taqaddum, Vol. 8 No. 1, Universitas Islam Negeri Semarang, hal 21-46.

Islam, M. R. (2018). Sample Size and Its Role in Central Limit Theorem (CLT). International Journal of Physics & Mathematics, Vol. 1 No. 2, BRAC University, hal 37-47.

Maryuliana, Subroto, I. M. I., Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert, Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), Vol. 1 No. 2, Universitas Islam Sultan Agung, hal 1-12.

Nurkalis, U., Adi, K., Agushybana, F. (2019). Penilaian Usability Sistem Gasurkes “Go Bumil†untuk Pencarian Ibu Hamil di Wilayah Kota Semarang, Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, Vol. 7 No. 1, Universitas Diponegoro, hal 76-81.

Oliver, J. 2017. Business Math: A Step-by-Step Handbook, Lyryx, Calgary, Kanada.

Pressman, R. S. 2012. Software Engineering: A Practitioner’s Approach Seventh Edition, McGraw Hill, New York, USA.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi, JIMP – Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol. 2 No. 2, Universitas Widyagama, hal 54-61.

Rahman, W., Alfaizi, F. 2014. Mengenal Berbagai Macam Software, Serpong : Surya University.

Ralston, A., Reilly, E. D., Hemmendinger, D. 1976. Encyclopedia of Computer Science Fourth Edition, Wiley, New Jersey, USA.

Rigdon, J., C. 2016. Dictionary of Computer and Internet Terms (Vol. 1). Eastern Digital Resources, Cartersville, USA.

Rofiq, F. N., Susanto, A. (2017). Implementasi RESTful Web Service untuk Sistem Penghitungan Suara Secara Cepat pada Pilkada, EKSPLORA INFORMATIKA, Vol. 6 No. 2, Universitas Dian Nuswantoro, hal 159-168.

Saputro, B. 2017. MANAJEMEN PENELITIAN PENGEMBANGAN (RESEARCH & DEVELOPMENT) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI, Aswaja Pressindo, Yogyakarta, Indonesia.

Stephanie, E. 2013. Slovin’s Formula Sampling Techniques, Houghton-Miffin, New York, USA.

Triawan, Anggra, and Muhammad A. Faruq. "Penerapan Algoritma Simulated Annealing pada Notifikasi Informasi Jadwal Menggunakan RESTFUL Api untuk Rekomendasi Jadwal Asistensi di Laboratorium Komputer." Teknois, vol. 9, no. 2, 30 Nov. 2019, pp. 91-101, doi:10.36350/jbs.v9i2.69.

Article metrics

Abstract views : 68 | views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.