Menghitung Ketepatan Jawaban Soal Ujian Essay dengan Penerapan Algoritma Boyer-Moore

Lis Utari
Imam Teguh Agustianto

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mengukur prestasi belajar seorang mahasiswa perlu dilakukan sebuah tes atau ujian untuk menguji setiap mata kuliah yang telah dilakukan pada saat proses belajar mengajar. Jenis tes pun ada beberapa macam, seperti tes tertulis, tes lisan, dan tes praktek. Pada tes tertulis pun terdapat beberapa jenis soal, salah satunya adalah soal berbentuk essay. Soal essay adalah soal dimana mahasiswa harus menjawab soal dengan kalimat yang diingat atau dibuat sendiri, hal tersebut membuat kemungkinan munculnya jawaban dengan variasi yang banyak sangat tinggi, hal ini membuat dosen membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Diperlukannya sebuah sistem yang bisa digunakan oleh dosen untuk mengetahui ketepatan jawaban soal essay. Algoritma Boyer-Moore adalah algoritma yang digunakan untuk pencarian string dengan pola pencarian dari kanan ke kiri, Algoritma Boyer-Moore dianggap sebagai algoritma pencocokan string yang paling efisien dalam aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan, seperti aplikasi text editor untuk fungsi “search” dan “subtitute”. Penelitian ini menerapkan algoritma Boyer-Moore untuk mencari kunci jawaban yang dosen anggap benar pada jawaban mahasiswa dengan cara dosen menginputkan kunci jawaban secara utuh lalu akan dipecah menjadi perkata dan dosen memberi poin pada setiap kata untuk dihitung sebagai nilai. Mahasiswa hanya perlu menginputkan jawaban yang dianggap benar dan algoritma Boyer-Moore akan mencari kunci jawaban yang diinputkan oleh dosen pada jawaban mahasiswa. Output yang dihasilkan akan berupa persentase ketepatan per soal dan nilai seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah. Hasil dari kuesioner yang disebarkan kepada dosen dan ahli sistem menunjukkan hasil sangat layak pada kedua responden.

Full Text:

PDF

References

Ardhana, YM Kusuma. 2013. Pemrograman PHP : CodeIgniter Black Box. Jasakom. Jakarta.

Argakusumah, Kencana Wulan. 2014. IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER- MOORE PADA APLIKASI KAMUS KEDOKTERAN BERBASIS ANDROID. Universitas Multimedia Nusantara.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Charass, Christian. Lecroq, Thierry. 2004. Handbook of Exact String Matching Algorithms [PDF]. Ada di: https://www.researchgate.net/publication/220693416_Handbook_of_Exact_String _Matching_Algorithms [Diakses tgl 16 Maret 2018].

CodeIgniter. https://www.codeigniter.com/user_guide/index.html [Diakses tgl 26 Maret 2018].

Januardi, Andri. 2013. ANALISA PERBANDINGAN ALGORITMA BRUTE FORCE DAN BOYER MOORE DALAM PENCARIAN WORD SUGGESTION MENGGUNAKAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL. STMIK Budi Darma Medan.

Junaedi, Fajar EP. 2007. Algoritma dan Pemrograman, Salemba Infotek. Jakarta.

Kristanto, Steven G. Rachmat, Antonius C. Santosa, R Gunawan. 2013. IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER-MOORE PADA PERMAINAN WORD SEARCH PUZZLE. Universitas Kristen Duta Wacana.

Lestari, Citra Puji. Hasibuan, Nelly Astuti. Ginting, Guidio Leonarde. 2016. PERANCANGAN APLIKASI KAMUS ISTILAH MEDIS BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA BOYER-MOORE. STMIK Budi Darma Medan.

Pressman, Ph.D, R. S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Rahmanita, Eza, S.T., M.T. 2014. PENCARIAN STRING MENGGUNAKAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA DOKUMEN, Vol.1/No.1. Universitas Trunojoyo.

Sagita, Vina. Prasetiyowati, Maria Irmina. 2013. Studi Perbandingan Implementasi Algoritma Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, Tuned Boyer-Moore dalam Pencarian String. Vol.4/No.1. Universitas Multimedia Nusantara.

Sjukani, Moh. 2014. ALGORITMA: (Algoritma dan Struktur Data 1) dengan C, C++, dan Java – Teknik-Teknik Dasar Pemrograman Komputer. Edisi 9. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta. Bandung.

Article metrics

Abstract views : 108 | views : 68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.