Pemilihan Titik Strategis untuk Pemasangan Reklame Produk Rokok di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

Lis Utari
Bobby Syawal Aprilian

Abstract

Penyelenggaraan reklame suatu daerah diatur oleh peraturan daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 6 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Reklame; Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pajak Reklame; Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 7 Tahun 2013 tentang Nilai Jual Objek Pajak Reklame dan Nilai Strategis Lokasi Reklame; menjelaskan tentang area pemasangan Reklame. Reklame Produk Rokok merupakan salah satu Penghasilan Daerah yang memiliki nilai tinggi, namun berbenturan dengan Peraturan Bupati Kabupaten Bogor tentang Pengaturan Kawasan Tanpa Rokok Pasal 7. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Titik Strategis Pemasangan Reklame Produk Rokok di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang sesuai dengan Peraturan Perbup KTR yang berlaku menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Jumlah Kriteria yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 Kriteria, diantaranya yaitu Lokasi, Nilai Jual Lokasi, Ukuran Reklame dan Jarak dengan Utilitas Umum. Selain itu penelitian ini menggunakan 6 alternatif yaitu Sukahati, Pabuaran, Pakansari, Mayor Oking, Cirimekar, dan Nanggewer. Hasil perhitungan menggunakan Metode FAHP ini menghasilkan Mayor Oking di ranking pertama dengan nilai 0.2110. Kemudian Kriteria dan alternatif di uji konsistensi rasionya dengan hasil CR < 0.1 yang menyatakan datanya sudah konsisten.

Full Text:

PDF

References

Alwi, Sumpeno Surya dan Purnama Eddy Ketut I Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November yang mengangkat judul Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode Fuzzy Analythical Hierarchi Process

Aprianto Hadi Joko,Gandhiadi G.K.,Nilakusumawati Eka Putu Desak pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Udayana yang mengangkat judul Pemilihan Kriteria Dalam Pembuatan Kartu Kredit dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analythical Hierarchi Process.

Galus Eka Putra Muhammad, Sallu Sulfikar Nikentari Nerfita yang berjudul Analisa Penggunaan Metode AHP dan Fuzzy AHP Pada Perangkingan Siswa.

Kusrini, (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi,Sri.2013.Aplikasi Logika Fuzzy Aplikasi Untuk Pendukung Keputusan.Yogyakarta : Graha Ilmu

Martono Nanang, Statistik Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS.

Permana Adi Sapta,Widjajanto Budi pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berjudul Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Fuzzy Analytical Hierarchi Process untuk kelayakan Kredit Rumah.

Rahardjo Jani dan Sutapa Nyoman I yang merupakan Dosen Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen Petra yang mengangkat judul Aplikasi Fuzzy Analythical Hierarchi Process dalam Seleksi Karyawan

Setiawan, Pujiastutik Reny (2015) pada Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo madura yang berjudul Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchi Process untuk Pemilihan Supplier Batik Madura.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta

Article metrics

Abstract views : 68 | views : 56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.