Analisis Penentuan Perangkat Router Pada SATPAS SIM Online Menggunakan Metode AHP

Lis Utari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan bobot kriteria dengan menggunakan metode AHP pada penetuan perangkat router pada satpas sim online. Korlantas Polri mengalami kesulitan karena penilaian belum objektif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan jumlah responden yang diambil dari 10  responden terdiri dari seluruh IT korlantas Polri. Teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan perhitungan akurasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa akurat hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode AHP. Dalam penelitian ini, metode AHP dianggap sesuai untuk memecahkan permasalahan dalam penentuan kriteria perangkat router yang sudah ditentukan oleh wawancara dengan kepala IT korlantas, kepala sub bidang dan staff IT. Adapun kriteria yang ditentukan pada penelitian ini berjumlah 3 (tiga) kriteria yaitu Kriteria Fitur Routing, Reliablity, dan Garansi. Sedangkan yang menjadi alternatif pada penelitian ini berjumlah 4 (Empat) yaitu hasil wawancara (Cisco, Juniper, Mikrotik, Dan HP). Dari hasil penelitian pembobotan yang dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) diperoleh urutan tingkat prioritas kriteria yaitu kriteria Fitur Routing dengan nilai 0.6131, kriteria Reliablity dengan nilai 0.2650 dan kriteria Garansi dengan nilai 0.2650. sedangkan pembobotan untuk alternatif Cisco (0.4916), Mikrotik (0.2838), Juniper (0.1549), HP (0.0697). hasil dari perhitungan di atas menjadi landasan pihak Korlantas untuk mengevaluasi dan menentukan perangkat router pada satpas sim, sehingga kestabilan pelayanan masyarakat dapat terpenuhi.

Full Text:

PDF

References

Akhtar, Fareed dan Caroline Hahne. 2012. RapidMiner5 Operator Reference, [online], (www.rapid-i.com, diakses tanggal 30 Desember 2016).

Aprilla Dennis C, Aji Donny Baskoro,and Ambarwati Lia. BELAJAR DATA MINING DENGAN RAPIDMINER

Hamilton, Howard. (2012). Confussion Matrix [online], http://www2.cs.uregina.ca/~dbd/cs831/notes/confusion_matrix/confusion_matrix.html [29 August 2016].

Kusrini and Taufiq, Emha Luthfi. 2009. ALGORITMA DATA MINING.ANDI. Yogyakarta

Zhang, Kai. Algoritma Pohon Keputusan [ppt], [30 August 2016].

Article metrics

Abstract views : 64 | views : 76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.