Penerapan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Pengamanan Berkas Soal Ujian

Binanda Wicaksana
Ma'mun Setiawan

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat berkembang dengan pesat khususnya pada pertukaran informasi yang semakin global, kemampuan untuk mengakses serta bertukar data atau informasi sudah sangat cepat, hal ini juga sangat berpengaruh pada kriminalitas di dunia teknologi atau disebut juga hacker yaitu seseorang atau kelompok yang dengan sengaja mengambil informasi penting tanpa tanggung jawab. Pengamanan data sangat penting dilakukan khususnya pada soal-soal ujian di sekolah yang disimpan di komputer tanpa ada pengamanan yang khusus, sehingga dilakukan cara atau metode untuk proses keamanannya dengan cara menerapkan algoritma advanced encryption standard untuk proses penyisipan atau enkripsi soal. Sehingga keamanan soal ujian akan lebih terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hasilnya data atau soal ujian akan lebih terjaga kerahasiannya dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses terhadap data tersebut

Keywords

advanced encryption standard; hacker; enkripsi

References

A. Permana And D. Nurnaningsih, “Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encyption Standard ( Aes ),” Vol. 11, No. 2, 2018.

Harbani, Arif, and Muhamad A. Fahreza. "Aplikasi Keamanan Data Gambar Menggunakan Algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) Berbasis Desktop." Teknois, vol. 9, no. 1, May. 2019, pp. 1-9, doi:10.36350/jbs.v9i1.1.

J. I. Mulawarman Et Al., “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks , Isi File Dokumen , Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption,” Vol. 10, No. 1, 2015.

Kriptografi Algoritma Advanced Encryption Standard Dan Pengecekan Error Detection Cyclic Redundancy Check,” No. October 2015, 2016.

M. Caesar, C. Dan, And O. Xor, “Perancangan Aplikasi Enkripsi Dekripsi Menggunakan Metode Caesar Chiper Dan Operasi Xor,” Vol. 2, No. 1, Pp. 72–80, 2018.

P. Handoko And M. Kom, “Keamanan Data Menggunakan Kriptografi Dengan Algoritma Vigenere Cipher Dan Steganografi Dengan Metode End Of File ( Eof ) Teknik,” Pp. 1–7.

S. Musirawas, “Implementasi Keamanan Data Menggunakan Algoritma,” Vol. 8, No. 1, Pp. 251–264, 2017.

S. Musirawas, “Penerapan Algoritma Asimetris Rsa Untuk Keamanan Data Pada Aplikasi Penjualan Cv . Sinergi Computer Lubuklinggau,” Vol. 9, No. 2, 2018.

Sajati, N. Dewi, J. T. Informatika, S. Tinggi, And T. Adisutjipto, “Penerapan Sistem Keamanan Menggunakan Cryptography Pada Aplikasi Chatting Dengan,” Pp. 61–74.

Sutisna, “Enkripsi Data Melalui Keamanan Model,” Vol. 1, No. 2, Pp. 62–70,2016.

T. J. Pattiasina And M. Kom, “Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi Email Dengan Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard Dan Knapsack,” Pp. 1–10.

Wandani, M. A. Budiman, M. C. Sc, A. S. S. Si, And M. Kom, “Implementasi Sistem Keamanan Data Dengan Menggunakan Teknik Steganografi End Of File ( Eof ) Dan Rabin Public Key Cryptosystem.”

Article metrics

Abstract views : 35 | views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.