Penerapan Simple Additive Weighting Dalam Penentuan Bonus Tahunan Karyawan Sekolah Alam Cikeas

Cahyono Budy Santoso
Dede Sunarya

Abstract

Penentuan Penerima bonus tahunan karyawan adalah pemberian apresiasi pada karyawan yang secara nyata memiliki kinerja yang paling baik dan memenuhi target pencapaian kerja yang ditentukan. Penentuan penerima bonus karyawan di Sekolah Alam cikeas dilakukan setiap tahun. Dalam proses penentuan penerima bonus, Sekolah Alam Cikeas ditentukan oleh Kepala Operasional dan Bagian Personalia (HRD). Namun, proses penilaian tersebut masih dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengolahan data. Selain itu, penilaian masih bersifat subyektif dan belum relevan dengan keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini dibuat aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses seleksi penerima bonus tahunan di Sekolah Alam Cikeas. Aplikasi yang dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHPmyadmin sebagai basis data. Metode pengambilan keputusan yang digunakan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dimulai dengan menentukan alternative yaitu karyawan yang akan dinilai kemudian menentukan kriteria penilaian serta nilai bobot dari setiap kriteria tersebut, setelah itu dilakukan proses normalisasi serta pengalian dengan bobot kriteria sesuai nilai yang telah ditentukan manajemen sehingga akan didapatkan perangkingan untuk menentukan alternatif terbaik dari sejumlah karyawan yang dinilai.

Keywords

Simple Additive Weighting; Karyawan

References

Alter, 2012. Analisa dan perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Beriorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Suatu Penelitian : Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi 2009. Manajemen penelitian, edisi Revisi, Jakarta. Rineka Cipta.

Biondy Ayyub, Fitri Indri Yani dan Fransiska Prihatini Sihotang. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik pada PT. LAros Petroleum Palembang. Sistem Informasi. STMIK MDP. Palembang.

Booch, Grady. 2007. Object-Oriented Analysis and Design with Application. Object Oriented dan design Aplikasi.

Darmawan Putra, Andri. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi di Pertamina Pengapon Semarang dengan Metode Simple Additive Weighting. Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro.

Dymas Yaska Yulianto. Membangun Sistem Keputusan pada Toko Brawijaya dengan Metode SAW. Sistem Informasi. STMIK GI MDP Palembang.

Fajar Ari Setyanto. Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan pada PT. Harrison & Gil-Java dengan Metode SAW. Sistem Informasi. STMIK GI MDP Palembang.

Ganda Mulia, Nurhadi, 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan pada Karyawan dengan Mengunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Teknik Informatika, STMIK Budidarma Medan.

Handri Murdianto, Dyna Marisa Kahirina dan Heliza Rahmania Hatta. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Per Triwulan PT. Cahaya Fajar Kaltim PLTU Embalut Tanjung Batu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Ilmu Komputer. Universitas Mulawarman.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Ikbal Patisera dan Rahmat Hidayatullah. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Sales di PT. Master Dumai dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dumai.

Kusumadewi, S Hartati, A Harjoko dan R.Wardoyo.2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Pressman, Roger S.2012. Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan Praktis Edisi 7. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Triyana Widya Ningrum, Sherly Valentina dan Dafid. SPK Pemberian Bonus Tahunan Karyawan PT. Tambora Mandiri Cabang Palembang dengan Metode SAW. Sistem Informasi. STMIK GI MDP Palembang.

Turban, Efraim, Aroson, Jay E, dan Liang Ting Peng. 2005. Decision Support System and Intelligent System. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Utari, Lis, and Ria Agustriani. "Penerapan Metode Simple Additive Weighting untuk Merekomendasikan Penentuan Supplier Bahan Baku Kertas." Teknois, vol. 9, no. 1, 16 May. 2019, pp. 43-52, doi:10.36350/jbs.v9i1.3.

Wibowo, Henry.2009. Simple Additive Weighting. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Article metrics

Abstract views : 49 | views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.