Penerapan Algoritma Spatial Map Matching Dengan API Menggunakan GPS Untuk Posisi Tumpangan Kendaraan

Farhan Zayid
Egi Ferdiana

Abstract

Di kota pariwisata seperti  Kota Bogor, kemacetan lalu lintas sudah tidak terdengar asing lagi di telinga masyarakat Kota Bogor. Diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Pada penelitian ini dibangun aplikasi Neon yaitu jejaring sosial berbasis perangkat komunikasi bergerak yang memudahkan berbagi kendaraan dalam tujuan perjalanan yang sama. Penelitian ini penulis menerapkan suatu algoritma yaitu Algoritma Spatial Map Matching yang fungsinya sebagai penentuan titik koordinat yang presisi pada rute perjalanan yang ditampilkan pada maps digital yaitu Google Maps. Berdasarkan hasil pengujian kelayakan yang telah disimpulkan bahwa secara fungsional seluruh proses pada aplikasi penerapan Algoritma Spatial Map Matching sebagai cara penentuan titik koordinat yang presisi untuk aplikasi tumpangan kendaraan telah berjalan sesuai yang diharapkan. Sebagaimana dari 15 data titik yang ditentukan, data jarak dari penerapan Algoritma Spatial Map Matching lebih dekat dibandingkan dengan data jarak aplikasi sebelumnya (nebengers) terhadap posisi tempat/jalan terdekat yang sudah ditentukan yaitu dengan rata-rata jaraknya 1.71 Meter. Sedangkan hasil selisih jarak yang dihasilkan memiliki jarak yang cukup jauh antara jarak data dari posisi titik pada aplikasi sebelumnya (nebengers) dengan posisi titik yang sudah diterapkan Algoritma Spatial Map Matching. Dapat disimpulkan bahwa Algoritma Spatial Map Matching dapat menentukan titik posisi yang lebih presisi dengan persentase kelayakan penelitian sebesar 82.85%

Keywords

Algoritma Spatial Map Matching

References

Anwar, B. Jaya, H. dan Kusuma, P.I. (2014). Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahuiposisi User. STMIK Triguna Dharma.

Arief, M.R. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql, ANDI, Yogyakarta.

Andi. 2009. Global Positioning System, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Arifianto, T. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT, Andi Publisher, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2018. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018 [online]. Ada di: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133 [Diakses tanggal 27 Agustus 2019]

Danishwara, D. Shiddiqi, A.M. dan Pratom, B.A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi “Smart Android for Moslem” Berbasis Lokasi Pengguna. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

G. R. Jagadeesh, T. Srikanthan, X. D. dan Zhang. (2004). A Map Matching Method for GPS Based Real-Time Vehicle Location. Nanyang Technological University.

Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android, Andi Offset, Yogyakarta.

Harijanto, F. dan Widyantara, H. (2008). Sistem Pemantauan Posisi Mobil Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasiskan Radio Frekuensi. STIKOM Surabaya.

Huang, Z. Huang, D. Xu, Zhu. dan Xu, Zhigen. (2011). GPS Vehicle Positioning Monitoring System Integrated with CORS and Mobile GIS GPS Vehicle Positioning Monitoring System Integrated with CORS and Mobile GIS. Southwest Jiaotong University.

Ihsanto, E. Eng, M. dan Riyanto, T.W. (2013). Disain Dan Implementasi Sistem Penjejak Posisi Kendaraan Dengan GPS Via SMS. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Junus, M. (2012). Sistem Pelacakan Posisi Kendaraan Dengan Teknologi GPS & GPRS Berbasis Web, hal. 58-67.

Kominfo. 2015. Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia [online]. Ada di: https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media [Diakses tanggal 20 Maret 2019].

Maskeri, G. Rama. dan Avinash, K. 2015. Software – Practice and Experience. New Jersey: Wiley Online Library.

Mahendra, D.C. Susiyanto, T. dan Siswanti, S. (2018). Sistem Monitoring Mobil Rental Menggunakan GPS Tracker. STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

Maftukhin, M.R. (2018). Implemetasi Algoritma Spatial Map Matching Untuk Mengetahui Lokasi Kendaraan Melalui Aplikasi GPS.

Nugroho, A. 2006. E-commerce, Informatika Bandung, Bandung.

Risnita. 2012. Pengembangan Model Skala Likert.

Rifai, A. (2013). Sistem Informasi Pemantauan Posisi Kendaraan Dinas Unsri Menggunakan Teknologi GPS. Universitas Sriwijaya.

Rahman, A.L. Ahmad, T. dan Studiawan, H. (2013). Aplikasi Tumpangan Kendaraan Berbasis Android Dengan Google Maps dan GPS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Spengetahuan. 2015. Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli [online]. Ada di: https://www.spengetahuan.com/2015/11/pengertian-instrumen-penelitian-menurut-para-ahli-jenisnya.html [Diakses tanggal 20 Maret 2019].

Winardi. 2006. Penentuan Posisi Dengan GPS Untuk Survei Terumbu Karang, Puslit Oseanografi – Lipi, Jakarta.

Yuan, J. Zheng, Y. Zhang. C. Xie, X. dan Sun, Guang-Zhong. (2010). An Interactive-Voting Based Map Matching Algorithm. Eleventh International Conference on Mobile Data Management.

Article metrics

Abstract views : 51 | views : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.