Optimalisasi Jaringan Internet Kampus menggunakan Squid Proxy dan Dynamic Routing

Arif Harbani - [ https://orcid.org/0000-0003-0565-4452 ]
Muhamad Furqon Hidayat

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini semakin canggih dalam kehidupan masyarakat dan tidak dapat dihindarkan. Bahkan dunia pendidikanpun tidak dapat terhindarkan dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana hampir semua bidang menggunakan teknologi. Pengelolaan penggunaan jaringan internet yang dilakukan secara manual atau statis seperti: pembuatan/pengisian tabel routing & konfigurasi router harus dilakukan secara manual, pembagian bandwidth yang tidak otomatis dan pembatasan akses internet yang belum terintergrasi dengan waktu operasional menjadi kendala dalam proses belajar mengajar dan bekerja serta layanan penggunaan jaringan internet di suatu perguruan tinggi. Dengan adanya masalah pengelolaan penggunaan jaringan internet yang tidak tepat maka dibutuhkan penerapan metode Dynamic Routing untuk Pengelolaan penggunaan jaringan internet baik dalam aktivasi validasi pengguna, optimalisasi penjadwalan dan pembatasan akses penggunaan jaringan internet serta manajemen bandwidth. Dynamic Routing adalah teknologi yang digunakan sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing secara otomatis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan antara router lainnya. Dengan diterapkannya Dynamic Routing pada server, maka mempermudah pengguna dalam penggunaan jaringan internet. Dengan diterapkannya Metode Dynamic Routing dapat diperoleh presentase kelayakan sistem sebesar 91,97 % sehingga dapat dikategorikan sangat layak.

Keywords

Dynamic Routing; Aktivasi; Validasi

References

Abdul Syukur, Liza Julianti (2017). Simulasi Pemanfaatan Dynamic Routing Protocol Eigrp Pada Router Di Jaringan Universitas Islam Riau Beserta Autentikasinya

Bakhtiar Rifai, Eko Supriyanto (2017). Management System Failover Dengan Routing Dinamis Open Shortest Path First Dan Border Gateway Protocol.

Imam Riadi (2018). Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis Mikrotik.

Muhamad Ruslan (2018). Penerapan Internet Protocol Security (Ipsec) Pada Virtual Private Network Untuk Peningkatan Kinerja Intranet Sekolah.

Pariddudin, Adiat, and Hongky Suteja. "Penerapan Metode FIFO Untuk Traffic Control Jaringan Aplikasi Client UNBK." Teknois, vol. 9, no. 1, 16 May. 2019, pp. 53-62, doi:10.36350/jbs.v9i1.6.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Wagito. 2007. Jaringan Komputer Teori dan Implementasi Berbasis Linux, Gava Media, Yogyakarta.

Yugianto, Gin-gin. dan Oscar Rachman. 2012. Teknologi, Konsep, Konfigurasi, dan Troubleshooting Berbasis Windows, Cisco, Mac OS, Linux & Microtik Router, Informatika, Bandung.

Article metrics

Abstract views : 179 | views : 175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.