Penerapan Near Field Communication (NFC) untuk Akses Informasi Pembayaran Biaya Perkuliahan

Syafrial Nursaily - [ https://orcid.org/0000-0002-7990-6264 ]
Aprillia Purwanti

Abstract

Biaya pendidikan merupakan kewajiban mahasiswa dalam menempuh pendidikan. Kebutuhan akan informasi terhadap pembayaran biaya pendidikan yang telah dibayarkan merupakan hak yang harus diterima oleh mahasiswa. Untuk memberikan informasi biaya pendidikan kepada mahasiswa, penerapan teknologi berupa sebuah kartu multi guna selain sebagai Kartu Tanda Mahasiswa, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendukung perkuliahan lainnya dengan mengembangkan sistem informasi pembayaran. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang yaitu teknologi kartu pintar atau smartcard, teknologi ini sudah banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Smartcard merupakan sebuah kartu yang memiliki komponen sirkuit terpadu (Integrated Circuit), dimana IC tersebut digunakan untuk melakukan proses informasi dan sebagai media penyimpanan dengan kapasitas tertentu. Teknologi smartcard ini sudah banyak diimplementasikan untuk kebutuhan sehari-hari diantaranya KTP, kartu Multitrip, kartu parkir, kartu toll. Sirkuit terpadu berupa Near Field Communication pada kartu tersebut merupakan sebuah bentuk komunikasi nirkabel jarak pendek yang dapat berhubungan dengan smartphone atau device lain melalui jaringan radio.

Keywords

smardcard; near field communication; Integrated Circuit.

References

Arikunto Suharsimi.(2005). Manajemen Penelitian. edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta.

Harbani, Arif, and Ari Fajrianto. "Sistem Informasi Nilai Akademik Mahasiswa Menggunakan Teknik Json dan Nfc." Teknois, vol. 9, no. 2, 30 Nov. 2019, pp. 79-90, doi:10.36350/jbs.v9i2.68.

Mardiana Purwaningsih, IGN Mantra, M. Isnin Faried. (2013). Micropayment Design System Using Near Field Communication Technology (NFC).

Muhammad Anova Nurfaqih (2017). Penerapan Near Field Communication (NFC) untuk Peningkatan Pelayanan Pada Sistem Pembayaran Perkuliahan.

Rian Ariansyah P & Eko Budi Setiawan (1 Maret 2016). Pemanfaatan Near Field Communication (NFC) Sebagai Media Pembayaran di Pesona Nirwana Park.

Roger S. Pressman 2005. Software Engineering Fifth Edition.

Rudi Ridho Rohmansyah & Heru Nurwasito (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Sistem Keamanan Kantor Menggunakan NFC (Near Field Communication) dan Wi-Fi (Studi Kasus PT. Rahmi Ida Nusantara).

Sugiyono (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta

Tata Sutabri.(2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta. Andi.

Violitta Yesmaya & Dion Darmawan (2013).Implementasi NFC Sebagai Media untuk Transaksi Pembayaran Berbasis Mobile.

Article metrics

Abstract views : 149 | views : 137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.