Prediksi Jumlah Pembelian Sepatu Dengan Penerapan Metode Regresi Linear

Lis Utari - [ https://orcid.org/0000-0003-1334-856X ]
Deni Lukman Hakim

Abstract

Banyaknya jumlah sepatu yang di beli dari supplier membuat pemilik toko mengalami kesulitan dalam mengetahui jumlah pembelian sepatu kepada supplier. Di toko sepatu H. Uci, berdasarkan data jumlah penjualan dan jumlah pembelian sepatu sering mengalami kenaikan dan penurunan sehingga membuat persediaan menjadi berlebih. Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat memprediksi jumlah pembelian kepada suplier, agar dapat melakukan perencanaan jumlah pembelian untuk menghindari penumpukan dengan menggunakan Algoritma Regresi Linear. Didalamnya diterapkan variabel-variabel yaitu jumlah penjualan sepatu dan juga jumlah persediaan awal sepatu. Hal ini dilakukan untuk memprediksi jumlah pembelian sepatu supaya dapat menentukan jumlah pembelian sepatu yang akan dibeli pada bulan berikutnya. Sudah dilakukan uji kelayakan oleh ahli materi pada aplikasi yang dibangun, dengan nilai kelayakan sebesar 100% yang berarti aplikasi yang dibangun “Sangat Layak”. Sistem informasi yang dikembangkan juga telah melakukan uji sistem oleh pengguna menggunakan perhitungan SUS dan didapatkan nilai sebesar 86,8, yang berarti skor tersebut masuk dalam kategori excellent dengan grade scale B.

Keywords

Prediksi Jumlah Pembelian; Regresi Linear; Jumlah Penjualan; Persediaan Awal Sepatu.

References

Amiruddin, Ishak Rezqiwati. (2018) PREDIKSI JUMLAH MAHASISWA REGISTRASI PER SEMESTER MENGGUNAKAN LINIER REGRESI PADA UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO. Universitas Ichsan Gorontalo

Ariani Dian Karina. (2013). PENERAPAN ALGORITMA REGRESI LINIER BERGANDA PADA DATA PABRIK GULA RENDENG KUDUS. Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian, edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Asdono Basuki Dwi, (2010), Teknologi Sepatu, Yogyakarta : Akademi Teknologi Kulit

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3), pp.114–123

Battlesson, B.L., Booth, H.A and Weintrop, J. Usability Testing in Academic Libraries: a Case Study. Journal of Academic Librarianship, pp.188-198, 2001

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Bruce L. Bowerman, Richard T. O’Connell, Anne B. Koehler.(2005).Forcasting, Time Series, and Regression An Applied Approach Fourth Edition.USA

Chairul Siregar, Abdul Sani Sembiring, H.K. Siburian. PERANCANGAN APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN METODE REGRESI LINIER. (2018).

Eko Prasetyo. (2014). Data Mining Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi Offset.

Farizal, Rachman amar dan Rasyid Al hadi. (2014). MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA.

Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Irmayansyah, Irmayansyah, and Risto B. Utomo. "Penerapan Metode Exponential Smoothing untuk Prediksi Jumlah Produksi Minuman Teh di PT Futami Food & Beverages." Teknois, vol. 8, no. 2, Nov. 2018, pp. 37-48, doi:10.36350/jbs.v8i2.13.

Pressman, RS. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Raymond Mc Leod and George, (2007),Management Information Systems.

Sanyoto Gondodiyoto. Audit Sistem Informasi Pendekatan Cobit .2007

Supranto, J.(2009).Statistik Teori dan Aplikasi Edisi Ketujuh.PT. Gelora Aksara Pratama: Erlangga.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Warmansyah, Julio, and Dida Hilpiah. "Penerapan Metode Fuzzy Sugeno untuk Prediksi Persediaan Bahan Baku." Teknois, vol. 9, no. 2, 29 Nov. 2019, pp. 12-20, doi:10.36350/jbs.v9i2.58.

Article metrics

Abstract views : 132 | views : 76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.